5 kuliner wajib di Marrakesh, Maroko

article by: salsabila barata m

Maroko merupakan salah satu negara islam yang sangat damai dan memiliki ikatan persaudaraan cukup dekat dengan Indonesia. Negara yang terletak di Afrika berbatasan dengan Eropa ini menyimpan berbagai sejarah indah yang terpancar dari bangunan-bangunan di kotanya yang sangat cantik.

Maroko yang notabenya negara muslim memudahkan wisatawan muslim seperti aku untuk kuliner, tidak perlu ragu untuk kehalalannya. Salah satu kota yang paling terkenal di Maroko ialah Marrakech. Marakesh ini terbagi menjadi 2 yaitu old and new, yah kayak jakarta umum sama kota tua lah. Old marrakech ini sangat terkenal untuk turis, terkenal akan penginapan tradisionalnya (riad), makanannya, pasarnya, sejarahnya, dan lain-lain. Disini aku bakal bahan makanan apa aja sih yang harus dicobain kalo main kesini ? nih dia kuliner wajib di marrakesh, maroko

1. Jus Jeruk

Kenapa sih jus jeruk? umum banget. eits! jus jeruk disini tuh SUPER ENAK, the best orange juice i’ve ever tasted. Mereka jus biasa ga pake es batu, air, ataupun gula. Pure orange. Dan rasanya tuh manis banget bener-bener seger. Dan harganya super murah cuma DM4, atau setara mungkin sekitar 5-7rb. Selama di marrakech aku tiap ada kesempatan pasti beli jus jeruk ini.

Mereka juga jual jus buah lain kok, ada semangka, mangga, melon, sampe yang campurpun aku disuruh nyobain tapi tetep jus jeruknya terbaik!

2. Slow Cooked Lamb

Ke kepo an akan kambing ini hasil dari nonton travel documentary film di pesawat tentang maroko. Dan buat pecinta kambing like me WAJIB banget cobain kambing ini, dagingnya lembuuuuuuut banget #lebaytapinyata . Jadi mereka punya porsinya daging kambing doang atau sejenis sumsum gitu, tapi karna aku cuma suka daging jadi aku makan yang daging aja. Ortuku makan juga yang sumsum dan kata mereka itu enak banget.

Cara makannya disini itu kambingnya di makan sama roti yang di celupin sama chefnya ke semacam kuah kaldu yang gurih banget. kalo di foto keliatan ada roti yang basah kecoklatan itu hasil cemplungan kuah kaldunya. Dimejanya di sediain semacam lada putih dan 1 lagi aku lupa rempah apa warnanya agak kehijauan. 1 porsinya itu sekitar DM30-40 aku lupa persisnya.

Oh iya! kalo mau makan kambing di marrakech festival ini siapin uang kecil untuk tip karna mereka bakal minta tip terang-terangan.

3. Tanjinez & couscous

This is my favoooo~~ hahaha. Ini salah satu makanan utama khas di maroko ini, sebenernya kedua makanan ini satu kesatuan. dari yang aku tangkep informasinya, tanjine ini adalah alat/cara masaknya yang tempatnya itu kayak piring dan ada tutupnya bentuk krucut kayak yang buat nasi kuning. terbuat dari tanah liat dan berukuran perporsi. Nah couscous itu sendiri kalo di kita itu beras, mereka makannya couscous atau biji gandum (kalo ga salah). Disajikan sama sayur-sayuran yang biasanya wortel/terong/timun yang di rebus, kacang-kacangan, dan ada pilihan lamb/chicken/vegetarian. Buat aku sih lamb the best lah ya (lol).

Tapi kayaknya makanan ini kurang cocok di lidah mayoritas orang indonesia, di tarik dari survei keluarga ku hanya 1 dari 4 orang yang suka makanan ini yaitu aku hahahaha.

#ps couscous ini gampang banget bikinnya, sejak dari maroko aku suka bikin sendiri dirumah. kalo mau resep/video bikinnya vote di comment ya!

4. Moroccan Skewers

It’s also my favoo~~ (kok semuanya ya lol). Jadi seperti keliatannya ini sate ala maroko, sate disana ga pake bumbu kayak kita. Dagingnya udh di bumbuin baru di proses matengin. Umumnya mereka ada lamb (kiri) dan chicken (kanan), dua-duanya enak banget. Teksturnya buat yang kambing itu kayaknya dibuat dari daging yang udah digiling terus di jadiin adonan daging, kalo yang ayam itu dipotong-potong biasa dan gede-gede.

5. Snails Soup

yap. itu keong. Sup siput aka keong ini bisa di temuin malem-malem di old marrakech souk (pasar). Ada banyak stall yang jual sup siput ini, sup ini dipercaya untuk nilai kesehatannya. Kuahnya enak gurih anget, siputnya sendiri rasanya earthy banget kayak jamur tapi kenyal-kenyal~ dan aku termasuk yang kurang suka tekstur makanan yang gewygewy gitu tapi kuahnya enak! Makannya pake tusuk gigi untuk ambil daging siputnya abis itu kuahnya di sruput. harganya DM1-5.

Bonus: Moroccan kebab

Jadi kemaren aku ke Marrakech naik kereta dari casablanca dan di persinggahan aku nemu stall kebab dan aku beli harganya sekitar DM10-30 dan rasanya ENAK BANGEEETT! Terakhir aku nyobain kebab yang paling enak itu ada di saudi, jenis kebabnya hampir sama sama di saudi. Cuma ini agak lebih berat. kulit luarnya tipis teksturnya kayak roti, dalemnya aku pilih kambing (as always) terus dia ada sayur-sayur yang di potong tiipis2 terus ada nasinya gitu, terus ada rempah dan kayaknya ada potongan jalapenonya juga jadi agak pedes-pedes gimana gitu.

That’s All

Semua makanan di atas (kecuali kebab) ada di Old Marrakech Souk/market dan hargany terjangkau mengingat kurs DM dan IDR ga jauh, terakhir aku kesitu DM1=IDR1300. Semua makanan di maroko halal jadi jangan takut buat berkuliner ria disana, buat ke marketnya itu aku sarananin malem karna suasananya super meriah dan menyenangkan. Masih banyak makanan lain, ada seafood juga karna emang deket laut tapi aku ga terlalu tertarik karna kalo seafood pasti kalah sama Indonesia hehe.

Soooo

That’s all from me, i will post about my experience soon. so stay tune!

XOXO,

SALSABILA BARATA M

@SALSASABILA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *