Food: Makan Takoyaki Halal di Jepang

Takoyaki, siapa sih yang ga tau takoyaki ?
makanan jepang yang bulet-bulet isinya potongan daging gurita, kalo di Indonesia sih bisa keju atau smoked beef atau gurita atau crab atau dicampur semua! terus di makan pake bumbunya yang asem manis gurih dan ga lupa mayo serta irisan ikan cakalang yang supper yummehhh! uuu i’m so happy even only think about that.
SMXLL

Di Indonesia, terutama jakarta kita bisa nemuin Takoyaki almost everyyywheeeereeeeee (yap semudah itu). Dari mulai abang keliling komplek, ngetem pinggir jalan, di sekolah-sekolah, di itc-itc, di mall gede, sampe di restoran jepang aslinya. Harganya pun beragam, untuk standard ya 12-20rb lah ya isinya 4 bulet takoyaki. Untuk rasa biasanya paling bergantung sama adonan kue dan sausnya, kadang ada yang adonannya terlalu tebel jadi ga endes, ada juga yang sausnya aneh rasanya. yah tergantung chef takoyakinya.
SMXLL

Nah untuk takoyaki itu sendiri, dia hijrah dari negara anime yaitu JEPANG. Dan Desember 2016 kemaren Alhamdulillah aku bisa pergi ke Jepang. As always, kalo pergi ke negara lain pasti aku bakal survei tentang street food yang bakal jadi korban keganasanku (lol) yang pasti udah kebayang street food yang wajib di coba ada takoyaki, taiyaki (kue bentuk ikan dengan isi ogura/icecream/dll), yakitori, dan jajanan jepang laiinnya yang banyak di Indonesia. Pasti dong mau tau, rasanya sama apa beda sih sama di Indo?
Setelah survei-survei dan nanya-nanya sama TL (tour guide) ku, jawabannya sangat mengecewakan. Hampir 100% street food yang aku pengen itu ga halal (sad), yah namanya seorang muslim harus setia dong sama agamanya jadi alhasil hilang lah harapan jajan-jajan di Jepang.
Jepang Hari Pertama
Kota pertama yang kita kunjungi itu Tokyo, kita jalan-jalan sekitar Asakusa Temple yang mana di kelilingi toko-toko souvenir dan makanan yang SUPER DUPER MENGGEMASKAN DAN MENGGIURKAN. Tapi ya kayak yang aku bilang, ga halal. Jadi, buat para muslim yang laper mulu kayak aku ya harus tahan iman dan perut buat ga jajan sembarangan di jepang. bahkan buat eskrim pun kebanyakan mereka menggunakan gelatin yang terbuat dari piggy.
SLXLM

Orang jepang emang kebanyakan ga makan daging babi, tapi kebanyakan bahan makanan mereka kayak gelatin, minyak, dll itu mengandung babi yang mana ga boleh buat seorang muslim. Kalaupun ga pake sesuatu yang mengandung babi, orang jepang punya kebiasaan mencampurkan sake atau mirin (mengandung alkohol) ke masakan mereka yang katanya bikin masakan lebih enak.
Penemuan Takoyaki Halal
Beberapa hari di jepang ternyata ga mengurungkan niat mencari takoyaki halal di negri sakura itu, alhasil dengan bantuan google aku nemuin satu-satunya restoran di jepang yang menjual TAKOYAKI HALAL! nama restorannya MATSURI yang terletak di OSaka, jepang. Restoran Matsuri ini pun baru buka MEI 2016 lalu. Setelah ngobrol-ngobrol sama TLku, akhirnya dibuatlah jadwal buat bawa kita ke Matsuri ini.
SLXLM

Matsuri ini selain menjual takoyaki dia juga punya banyak makanan khas jepang yang halal, tapi karna jadwal diselipin di malem sebelum kita belanja hari terakhir jadinya takoyakinya udah di siapin dari sebelum kita sampe. Padahal katanya kita bisa belajar bikin takoyaki juga loh disini.
Didepan toko mereka udah naro tulisan “muslim welcome” yang mengartikan bahwa makanan direstoran itu aman buat para muslim alias halal.
SMXLL

Kebanyakan restoran di jepang bener-bener kayak kedai di film-film anime, ukurannya kecil karna emang tanah di jepang harganya sangatlaah mahal. Menurut informasi yang aku dapet tanah di Tokyo bisa mencapai 50million dollar/meter!
SMXLL

 Mereka punya alat pembuat takoyaki yang kayak gitu, mungkin kalo kita belajar bikin takoyaki pakai alat itu ya. Didalam restoran ini mereka udah nyediaan ruang salat 1 sajadah untuk muslim, tapi aku ga sempet abil foto huhu.
SMXLL

 Untuk rasanya aku agak kaget karna almost exactly the same with Takoyaki in Indonesia. Dari teksturnya hingga sausnya, kayaknya karna bumbunya yang halal ya kalau pake bumbu asli mereka mungkin rasanya akan beda jauh. mungkin ya hehe
Yap! itu dia tentang the one and only halal takoyaki in Japan
Kalau aku sempet aku kan nulis whole story tentang aku di Jepang serta makanan halal lainnyaa;)
MATSURI
3-27-17 Yoshino, Fukushima-ku, Osaka-shi, Osaka

[Lunch] 11:00-14:00 [Dinner] 17:00-24:00

three.peace.matsuri@gmail.com

https://www.halalgourmet.jp/restaurant/756

 Itadakimasu!
Salsasabila

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *