fbpx

Adaptasi Baru Perjalanan ke TURKI saat NEW NORMAL (Part – 1)

Adaptasi Baru Perjalanan ke TURKI saat NEW NORMAL (Part – 1)

Story by : Andi MC – Aura Pesona Wisata I Founder International حلال Tour Consortium

 

Assalamualaikum Travel Buddy ! Gimana kabarnya semua ? Semoga selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Aamiin..

 

Tidak terasa sudah kurang lebih sembilan bulan kita menjalani hari-hari dalam suasana pandemi, banyak dari kebiasaan kita yang dipaksa untuk berubah dari mulai kegiatan rumah, bekerja, sampai wisata. Alhamdulillah, sejak sekitar bulan ke enam pandemi aktivitas wisata atau traveling dalam ataupun luar negeri mulai kembali bergerak. Beberapa negara sudah membuka kembali perbatasannya untuk warga negara asing. Tentu hal ini menjadi kabar menggembirakan untuk traveler dan sektor pariwisata. Setidaknya hal itu terlihat dari cerita salah satu pelaku Halal Traveling dari Aura Pesona Wisata yang juga merupakan founder dari International حلال Tour Consortium, Bapak Andi MC.

 

Pak Andi membagikan cerita bagaimana proses perjalanan bersama groupnya ke Turki saat keadaan New Normal, dari mulai protokol kesehatan Bandara Soekarno Hatta, Check in Imigrasi, Makanan di Pesawat, Protokol di destinasi wisata Turki, lokasi tes Swab PCR di Istanbul, sampai proses kepulangan di ceritakan dengan detail untuk travel buddy yang mau jalan-jalan ke Turki.

 

Lalu bagaimana cerita seputar jalan-jalan dari Pak Andi MC?

 

BANDARA SOEKARNO HATTA

Protokol Kesehatan

Tidak ada protokol khusus yang diterapkan oleh pihak bandara Soekarno Hatta untuk calon traveler yang memasuki area bandara, hanya kewajiban menggunakan Masker dan disarankan untuk selalu membawa hand sanitizer. Pihak Bandara juga menyediakan Hand Sanitizer di beberapa titik untuk digunakan secara bersama.

 

Restoran/cafe

Restoran/cafe yang beroperasi di Terinal 3 hanya pada hall keberangkatan, Maka bagi para traveller jika ingin makan siang atau malam sebaiknya dilakukan SEBELUM PROSES IMIGRASI karena jika sudah memasuki area tunggu/gate, hanya ada 1 resto cafe yg buka di depan gate 9.

 

Antrian security check / imigrasi

Jalur antrian yang dibuka bergantung dari volume traveler pada jam jam tertentu. Sewaktu pak Andi melakukan security check hanya 2 JALUR saja yang dibuka, maka disarankan para traveler menyiapkan waktu lebih untuk proses antrian.

 

AUTOGATE tidak di fungsikan selama masa pandemi. Para traveler harus siap antrian manual ke counter IMIGRASI.

 

PENERBANGAN TURKISH AIRLINES (TK)

Mulai Oktober lalu sampai sekarang Turkish Airlines telah siap mengudara setiap hari dari Jakarta menuju Istanbul. Hal yang perlu di perhatikan saat melakukan penerbangan new normal bersama Turkish Airlines adalah tidak ada penyajian makanan minuman panas selama penerbangan. Semua makanan terdiri dari sandwich, kue bolu, jus kotak, aqua kecil dalam kemasan kotak per penumpang pesawat. Begitu juga dengan penyajian sarapan, kurang lebih menunya sama dengan makan siang & malam.

 

Turkish Airlines juga tidak menyediakan fasilitas BANTAL di udara, namun tetap menyediakan selimut yang menggunakan packing plastik di masing masing kursi. Penerbangan menggunakan Tipe pesawat baru dengan bangku mirip seperti kursi bisnis yang mewah dan volume penumpang pesawat yang diizinkan saat ini adalah rata rata 200 pax per penerbangan.

 

Sepanjang penerbangan selama hampr 12 jam, seluruh penumpang WAJIB MENGGUNAKAN MASKER. Maka disarankan untuk menggunakan masker yg nyaman seperti KN95 yg memiliki rongga pernapasan. Pramugari tetap akan menegur penumpang yang menurunkan masker di bawah hidung.

 

Regulasi terhadap tas cabin juga terdapat sedikit perubahan atau pembatasan, yang mana hanya diperbolehkan menaruh tas kecil atau ransel kecil 1 pcs max 4kg per org di bagian cabin. Tidak di izinkan membawa Hand Carry Troley (beroda). Jika ternyata ada yang bawa Cabin Bag ber-roda,  terpaksa harus di bagasikan dan tidak di hitung extra bagasi oleh TK. Pembatasan tas cabin untuk memperlancar sirkulasi udara di cabin yg mensterilkan udara tiap 3 menit sekali.

 

Sebelum Tiba di Istanbul – Turkey

Sebelum pesawat mendarat, seluruh penumpang akan di bagikan HEALTH FORM untuk diisi masing-masing. Group tour – TL dilarang membantu pengisiannya karena form tersebut sebagai pengakuan pribadi tentang kondisi kesehatan masing2 traveler. Didalamnya terdapat kolom pertanyaan adakah org yang bisa di hubungi selama kamu di Turki ? Apabila mengikuti tour maka Isiannya adalah nomor HP local guide.

 

Turun dari pesawat dan tiba Istanbul, tidak ada perubahan seperti sebelum nya. Semua seperti biasa, mendarat di jemput bus shuttle ke terminal building. Apabila mengikuti tour, Local Guide di larang masuk ke area kedatangan seperti sebelum pandemi. Maka begitu  keluar custom/imigrasi, maka guide dengan kertas nama travel siap jemput group.

 

NEXT DI PART – 2

Pembahasan selanjutnya tentang wisata selama di turki, ketentuan pulang ke Indonesia, dan ketibaan di badara Soekarno Hatta T3 bakal Wiza share di part 2, klik link dibawah ini ya !

Part 2 : Adaptasi Baru Perjalanan ke TURKI saat NEW NORMAL (Part – 2) 

 

Kalau travel buddy mau cerita pengalaman halal travelingnya ata mau tanya-tanya tentang halal traveling bisa silaturahmi sama Wiza lewat klik tombol dibawah ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *