fbpx

Adaptasi Baru Perjalanan ke TURKI saat NEW NORMAL (Part – 2)

Adaptasi Baru Perjalanan ke TURKI saat NEW NORMAL (Part – 2)

Story by : Andi MC – Aura Pesona Wisata I Founder International حلال Tour Consortium

 

Assalamualaikum Travel Buddy ! Gimana kabarnya semua ? Semoga selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Aamiin..

 

Sekarang kita bakal bahas tentang wisata selama di turki, ketentuan pulang ke Indonesia, dan ketibaan di badara Soekarno Hatta T3 saat keadaan new normal. Kalau Travel buddy belum baca Part-1 nya bisa klik link dibawah ini ya !

PART-1 

WISATA SELAMA DI TURKI

 

Memulai perjalanan group di Turki menggunakan Bus, Semua bus wisata di Turki telah di lengkapi dengan hand sanitizer dan masker untuk penumpangnya. Bahkan pemerintah Turki meminta seluruh vendor fasilitas wisata menyediakan perlengkapan protokol kesehatan. Sampai di pom bensin pun menyediakan masker gratis bagi siapapun yang membutuhkan selama persediaan masih ada.

 

Sebagian besar restoran melakukan pengecekan suhu dengan Thermo Gun. Social distancing saat makan seperti di Indonesia tidak diberlakukan. Tentunya karena turis masih blm ramai dan kembali lagi kepada kondisi restoran saat Travel Buddy datang.

 

Pada umumnya turis di obyek wisata belum ramai dan tidak ada kerumunan. Selain kasus  pandemi corona, menjelang musim dingin, tidak semua restoran atau hotel beroperasi buka seperti biasanya. Grand Bazaar yang merupakan salah satu destinasi wisata utama tetap meriah dan ramai. Namun tetap diwajibkan untuk menggunakan masker dan rajin cuci tangan. Travel Buddy juga disarankan untuk selalu minum vitamin setiap hari utk menjaga imunitas tubuh.

 

Balon udara Cappadocia tetap beroperasi dan menjadi primadona pilihan utama optional tour yg di minati.

 

Hagia Sophia meski telah di rubah fungsi menjadi masjid, tetapi para turis umum tetap bebas mengunjungi kecuali di jam sholat yg hanya terbatas utk para umat islam yg beribadah.

 

Blue Mosque saat ini msh renovasi interior di ruangan nya, Jadi agak kurang menarik untuk di foto di karenakan beberapa bagian tertutup demgan gambar gambar digital printing.

 

KETENTUAN PULANG KE INDONESIA

PCR notice adalah syarat masuk ke Indonesia yg di wajibkan melalui pihak penerbangan Turkish Airlines. Saat ini PCR TEST bisa di lakukan kerja sama dgn pihak RS or Klinik penyelenggara test medis di undang khusus kolektif ke hotel kita menginap. Test bisa di lakukan 1 hari sebelun kepulangan dan Hasil test akan selesai 5 JAM kemudian.

 

Jika hasil test pertama didapat meragukan, maka selanjutnya bisa di lakukan test ulang di bandara, tentunya traveler/ peserta yg bersangkutan harus datang lebih awal karena akan ada proses lebih panjang dan memerlukan waktu yang tidak sedikit.

 

URGENT PCR TEST yang di lakukan dibandara berada pada Counter di area hall keberangkatan cari baris ke 7. Turun eskalator ke bagian hall kedatangan dan ada deretan counter2 klinik mitra pemerintah Turki untuk test PCR.

 

PCR TEST klinik khusus kunjungan ke hotel biayanya adalah Lira 300/ pax (Usd 36), dan apabila memerlukan PCR AIRPORT biayanya adalah Lira 250/pax.

 

PCR tidak ada berasa sakit dan berlangsung kilat hanya hitungan detik.

 

Dengan membawa dokumen PCR NEGATIVE yg kita tunjukan ke counter checkin pesawat dihari penerbangan, maka tidak ada lagi pemeriksaan medis oleh pihak penerbangan. Jika ada traveler/peserta dgn hasil REAKTIF & POSITIF,  tentunya selain segera PCR test ulang. Dan apabila tetap positif maka TIDAK bisa terbang pulang Indonesia.

 

Langkah selanjutnya ketika hasil tes positif adalah traveler akan di berikan pilihan yaitu apakah ingin ISOLASI MANDIRI di hotel pilihan dengan biaya medis plus akomodasi sendiri atau ISOLASI pemerintah yg di jemput oleh ambulan RS ke bandara sesuai rujukan dengan tanggungan asuransi yg di cover perjalananan travel buddy.

 

Jika kasus positif covid parah, maka tidak pilihan lain selain di ISOLASI TOTAL seperti wisma Atlet di negara Indonesia. Megantisipasi hal hal tersebut, maka sebaiknya di diskusi kan dulu dgn pihak land operator dan asuransi yang akan mengcover grup sebelum perjalanan ke TURKI.

 

Ketibaan di Bandara Soekarno Hatta T3

Seluruh traveler harus mengikuti prosedur antrian pemeriksaan gugus tugas covid 19 dgn mengisi form kesehatan dan bukti PCR TEST DI ISTANBUL. Pemeriksaan suhu tubuh dgn thermo gun dan antrian ke counter untuk validasi semua form. Setelah itu traveler melakukan proses imigrasi dan ambil barang. Terakhir adalah pemeriksaan form yg sudah di validasi oleh petugas TNI dan setelah custom/imigrasi terakhir, setelah itu maka pemeriksaan form validasi sudah SELESAI dan traveler dapat kembali ke rumah masing-masing.

 

Terimakasih kepada Pak. Andi MC dari Aura Pesona Wisata yang telah membagikan pengalamannya dalam perjalanan ke Turki era new normal. Semoga dapat berguna untuk travel buddy semua !

Buat Travel Buddy yang mau kenalan sama Pak Andi yang merupakan founder dari International حلال Tour Consortium bisa langsung silaturahmi ke Social Medianya dengan klik link dibawah ini ! Ilmu dan pengalaman Pak Andi tentang Halal Tourism ini luar biasa loh, travel buddy bisa nanya-nanya ataupun sekedar sharing ilmu tentang dunia halal traveling..

Instagram : Andi.Mukticahyono
Youtube : Andi Mukticahyono

Kalau travel buddy mau cerita pengalaman halal travelingnya atau mau tanya-tanya tentang halal traveling bisa silaturahmi sama Wiza lewat klik tombol dibawah ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *